Seberapa Sering Kita Harus Mencuci Bra

Seperti diketahui, suhu panas dan kelembaban merupakan tempat favorit bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Bisa dibayangkan jika Kamu tidak mengganti bra bersih secara sering dan berkala, bakteri bisa mengendap pada kain bra dan mengenai kulit, menimbulkan iritasi hingga gangguan kulit bahkan berpotensi membuat payudara atau puting terinfeksi.

Kamu memang tidak diharuskan mencuci bra setiap hari, karena pencucian yang terlalu sering bisa merusak bentuk dan mengurangi fungsinya untuk menopang payudara. Namun bukan berarti Kamu bisa memakai bra yang sama selama seminggu atau bahkan lebih.

Disarankan untuk mencuci bra setiap dua kali pemakaian. Jika aktivitas tidak terlalu berat dan tubuh tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat, bra bisa dicuci setelah tiga kali pemakaian.

Hindari penggunaan mesin cuci karena bisa merusak elastisitas, kawat bra dan membuat bra tidak tahan lama. Dengan penanganan yang tepat, idealnya bra masih baik digunakan maksimal 12 bulan.

Mencuci bra harus dilakukan dengan tangan dan bagian cup-nya jangan dikucek, tapi cukup ditekan-tekan seperti gerakan memijat. Sebelumnya, rendam bra dalam air hangat yang telah diberi deterjen berformula lembut. Diamkan selama 10 menit, baru bilas.

Menjemur bra juga sebaiknya tidak langsung terkena paparan sinar matahari karena bisa merusak bahan yang cenderung lembut. Jemur bra di suhu ruangan panas atau berangin dengan hanger dan biarkan mengering dengan sendirinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *